7 Hal Penting !!!Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Belajar Linux Server

November 12, 2016
7 Hal Penting Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Belajar Linux Server

Sebelum membuat sebuah project atau sesuatu, semua orang pasti akan mempersiapkan hal-hal yang dikira diperlukan sebelum melakukan sesuatu. Seperti halnya jika anda ingin belajar membuat server linux, adaa beberapa hal yang harus anda persiapkan terlebih dahulu. Akan lebih baik jika kita mempunyai sesuatu yang bisa mempermudah dan mendukung keberlangsungan praktek kita dalam membuat sebuah jaringan linux.

Di sini akan saya berikan, Apa saja yang perlu dipersiapakan sebelum belajar membuat server linux ?

1. Memiliki Niat dan Kemauan Yang Kuat

Hal yang paling penting adalah memiliki niat untuk belajar yang kuat. Dengan adanya niat yang kuat kita akan lebih bersemangat untuk belajar. Banyak orang yang memiliki kemampuan yang mumpuni, namun tidak memiliki niat yang akhirnya tidak memiliki motivasi untuk belajar,"Bukan Kemampuannya, tapi Kemauannya" 

2. CD Instalasi Linux/ File ISO

Hal yang pertama yang harus anda persiapkan adalah file instalasi linux, bisa ubuntu server, atau debian server, pilih yang versi CLI(command line interfaces), karena hanya bertujuan untuk belajar membuat server. Jika digunakan untuk keperluan sehari hari, pilih yang versi GUI. Anda bisa melakukan instalalasi linux di komputer dengan CD, dan juga melakukan instalasi di virtualbox menggunakan file iso linuxnya. Apabila komputer anda tidak ada CD-ROM, anda bisa memakai flashdisk sebagai media instalasi, tentunya dengan aplikasi tambahan, yaitu rufus yang berguna membuat bootable dengan flashdisk

3. Kabel Jaringan/ Kabel LAN

Jika anda ingin membuat sebuah server dengan komputer lama yang anda miliki, anda harus memiliki setidaknya 1 kabel jaringan,kenapa ? Dengan menggunakan kabel jaringan ini, anda bisa membuat sebuah jaringan client-server. Komputer lama anda akan menjadi komputer server linux, dan laptop anda bisa menjadi client yang berfungsi untuk mengecek fungsi fungsi dari server.

4. VirtualBox/Vmware

Jika anda tidak memeliki komputer untuk melakukan praktek secara langsung, anda bisa menginstall vmware atau virtualbox untuk melakukan instalasi secara virtual. Tentunya anda harus menyiapkan file iso.nya terlebih dahulu. Dengan menggunakan aplikasi ini, saya rasa akan mempermudah praktik anda, anda tidak perlu memiliki 2 komputer, cukup 1 komputer yang nantinya bisa digunakan untuk membuat jaringan komputer client-server.

Berikut 6 Aplikasi Wajib Bagi Anak Teknik Komputer dan Jaringan

5. Mambuat Repository Lokal Dengan Xampp

Hal yang kelima yang harus anda persiapkan adalah membuat sebuah repository lokal, untuk membuatnya anda bisa menggunakan xampp. Kenapa harus membuat repository lokal ? kan ada banyak di internet ?. Dalam melakukan praktik  membuat jaringan lokal biasa, ada saatnya anda akan tidak terkoneksi ke internet, jadi anda bisa melakukan install paket server seperti apache2, bind9, ssh, squirrelmail secara lokal dengan xampp.

6. Guru Pembimbing Belajar

Apabila anda ingin belajar linux dan mendalaminya, akan lebih baik jika ada guru pembimbing di samping anda. Dengan adanya orang yang lebih tau dari kita, kita akan lebih mudah bisa memahami tentang cara membuat server linux. Kalau tidak ada guru pembimbing, cari teman anda yang satu motivasi dengan anda.

7. Teman Belajar / Lawan Saing

Hal  terakhir yang harus and punya, adalah teman belajar sekaligus lawan saing anda. Kenapa teman sekaligus lawan ? Tidak selamanya anda bisa melakukan segala hal sendiri, dalam belajar membuat server linux, anda perlu kawan yang bertujuan untuk membantu anda jika ada masalah dalam membuat sebuah server, mengingatkan anda. Kenapa lawan saing ? Lawan saing di sini bertujuan untuk menambah motivasi anda dan teman anda, dengan adanya lawan pastinya kita akan lebih bersemangat untuk belajar, "Kalau Dia Bisa, Saya Juga Harus Bisa


Previous
Next Post »
0 Komentar