7 Kesalahan Besar User Linux Pemula Yang Harus Anda Hindari

July 29, 2017
Linux adalah sistem operasi open source, yang artinya setiap orang mempunyai kewenangan atas linuxnya sendiri, bebas melakukan modifikasi apapun. Mungkin dari pertama kita belajar tentang komputer, kita menggunakan sistem operasi windows yang seharusnya merupakan sistem operasi close source, kita harus membayar agar bisa memiliki sistem operasi windows. Namun, sudah tidak sedikit windows bajakan tersebar di internet, sehingga kita bisa mendownloadnya secara gratis.

Tidak seperti windows, linux memiliki banyak varian jenis, berikut sistem operasi linux:
  1. Ubuntu
  2. Debian
  3. Backtrack
  4. Backbox
  5. dll


Sistem operasi yang saya sebutkan di atas, adalah sistem operasi linux yang cukup populer dan memiliki banyak pengguna. Setiap sistem operasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dibanding sistem operasi lain. 
Bagi anda yang ingin bermigrasi dari windows ke linux, mungkin bisa anda ikuti artikel ini sebagai referensi anda. Setiap user yang baru bermigrasi pasti memiliki banyak keluhan tentang linux yang baru mereka gunakan, berikut adalah 5 kesalahan user linux pemula:


1. Bagaimana Cara Bootable Linux ?

Banyak user yang sudah mengalami kendala sebelum melakukan instalasi, yaitu membuat bootable. Ada user yang mengalami kendala, seperti
- Kenapa tidak bisa masuk boot linux ? Bagaimana setting bios untuk install linux ?
Hal tersebut merupakan masalah mendasar yang seharusnya bisa dihindari, dengan cara,

  • Pastikan file .iso yang anda download benar dan tidak ada kesalahan saat proses download yang mengakibatkan file error
  • Gunakan flashdisk jika anda tidak memiliki CD/DVD
  • Gunakan aplikasi bootable yang tepat, saya sarankan jika anda ingin install linux, gunakan UUI (Universal Usb Installer)
  • Pastikan proses membuat bootable selesai dengan baik.


2. Kendala Saat Proses Instalasi

Instalasi linux sedikit berbeda dengan windows, dalam linux terdapat banyak proses instalasi, seperti memilih jenis keyboard yang ingin digunakan, nama domain, nama host, ip address, dll. Oleh karena itu, saya sarankan untuk melihat cara install linux di youtube.

3. Membuat Partisi Pada Linux

Yang pertama tentunya adalah masalah tentang cara instal sistem operasi linux. Banyak keluhan dari berbagai user, yang saya ambil kesimpulannya, mereka mengalami masalah pada saat melakukan partisi. Ada user yang asal-asalan dalam partisi sehingga membuat file-file mereka hilang, karena terhapus saat proses partisi. Partisi linux berbeda dengan windows, untuk itu sebelumnya cari referensi tentang cara membuat partisi pada linux. 

4. Bagaimana Install Aplikasi di Linux

Saya tekankan sekali lagi, bahwa linux berbeda dengan windows, terlebih dalam melakukan install aplikasi. Jika dalam windows kita diberi kemudahan dalam melakukan install aplikasi, hanya klik next next saja bisa, dalam linux kita akan lebih sering melukukan instalasi paket aplikasi mengunakan terminal, ya meski dalam varian linux seperti Ubuntu, terdapat fasilitas yang namanya Ubuntu Software Center, kita bisa mencari banyak aplikasi gratis di situ. 

5. Kesalahan Sistem 

Banyak juga user yang berhasil dalam proses instalasi linux, tapi memiliki kendala baru setelah mengoperasikan linux, seperti
  • Kenapa tidak bisa memutar audio dan video ?
  • Kenapa tidak bisa setting brightness ?
  • Kenapa tidak bisa menangkap sinyal wi-fi
Sebenarnya itu bisa diatasi jika anda mau berusaha, misal jika tidak bisa memutar audio dan video dengan player bawaan, anda bisa download aplikasi VLC, jika tidak bisa mengatur brightness dengan tombol fn+keyboard, anda bisa cari tentang "cara mengatur brightness pada linux dengan terminal" 

6. Bagaimana Cara Install Aplikasi Windows di Linux ?

Jika anda sudah memiliki niat untuk bermigrasi dari windows ke linux, memang butuh untuk terbiasa. Kadang ada juga user yang bertanya, bagaimana cara install aplikasi .exe di linux, linux itu berbeda denga windows, meski sekarang bisa dilakukan dengan menggunakan Wine, tidak semua aplikasi untuk Windows bisa diinstall di Linux.

7. Bisa anda tambah di kolom komentar.


Saya membuat artikel tentang 7 Kesalahan Besar User Linux Pemula Yang Harus Anda Hindari ini, bukan berarti saya merupakan user linux yang profesional, setidaknya saya hanya berbagi tentang berbagai kendala yang pernah dirasakan oleh user linux lain.


Previous
Next Post »
0 Komentar