10 Tips Cara Merawat dan Menjaga Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

February 06, 2017
Selamat datang di zonatkj, untuk kali ini saya akan mebahas tentang perangkat keras berupa laptop, pastinya setiap mengenal apa itu laptop, bahkan sudah kerap kita temui, anak-anak yang sudah bisa mengoperasikan laptop, walau hanya untuk bermain game. 

Laptop adalah perangkat yang fungsinya sama seperti komputer, kalau komputer tidak bisa dibawa kemana-mana, lain halnya dengan laptop yang mudah dibawa karena ukurannya yang lebih kecil dibanding komputer. Komputer membutuhkan tenaga listrik langsung dari sumber, jika tidak ada tenaga listrik, komputer tidak bisa manyala (keculai menggunakan UPS). Sedangkan laptop, bisa digunakan tanpa adanya tenaga listrik langsung, karena laptop menggunakan baterai. 

Baterai laptop adalah perangkat yang wajib dijaga agar bisa awet dan tahan lama, apabila baterai laptop rusak, kinerja laptop juga akan berkurang. Jika kita tidak bisa merawat baterai laptop dengan baik, besar kemungkinan baterai laptop akan rusak, oleh karena itu anda sebagai pemiliki laptop harus tau cara merawat baterai laptop dengan baik


10 Tips Cara Merawat dan Menjaga Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama


Kerusakan pada baterai laptop bisa ditandai dengan daya simpan baterai yang mulai berkurang, baterai laptop akan mudah panas dan habis walau digunakan dalam waktu yang tidak lama. Sebelum itu terjadi pada anda, lebih baik anda tahu tips agar baterai laptop tahan lama. Berikut adalah tips yang akan saya berikan untuk anda.

1. Perhatikan Suhu Ruangan. Gunakan laptop anda pada suhu ruangan yang tidak terlalu panas, usahakan suhu dalam keadaan normal. Jika suhu di ruangan anda memang cukup panas, gunakan kipas tambahan atau pendingin laptop. Suhu yang panas juga akan memengaruhi suhu dari laptop anda. 

2. Penggunaan Yang Sewajarnya. Gunakan laptop anda dengan  sewajarnya, jika memang baterai laptop sudah habis, jangan dipakasakan untuk tetap dipakai, isilah daya laptop. Apalagi jika anda suka bermain game yang cukup berat dan terus memaksakan untuk memakai laptop walau baterai sedang lemah, kemungkinan besar baterai akan cepat panas.

3. Hindari baterai terkena air. Jangan sampai baterai laptop terkena air, tidak menutup kemungkinan jika baterai anda terkena air dan dipasang di laptop, laptop anda akan ikut rusak juga karena adanya korsleting. Juga hindari charger laptop terkena air dan panas secara langsung.

4. Jangan sampai daya baterai 0%. Jika laptop anda dalam keadaan baterai sedang lemah, segera isi ulang daya baterai, jangan menunggu sampai 0%, jika tidak, laptop anda akan mati tiba tiba (tidak sepeti di shutdown) dan kemungkinan laptop juga akan cepat rusak.

5. Selalu pasang baterai. Tetap pasang baterai walau laptop dalam keadaan on maupun off, apalagi laptop sedang di isi ulang. Jangan melakukan pelepasan bateri dengan charger masih terhubung dengan laptop

6. Isilah baterai laptop sampai penuh. Jika anda melakukan isi ulang daya baterai laptop, sebelum anda gunakan kembali, pastikan daya baterai sudah penuh, jangan gunakan dulu jika belum penuh.

7. Jangan terlalu sering men-charger laptop. Jangan terlalu sering melakukan isi ulang daya laptop, tunggu daya laptop terisi sampai penuh baru anda gunakan. Misal, anda mencabut charger sebelum baterai terisi penuh, lalu anda gunakan, setelah itu anda charging lagi

8. Segera cabut charger jika sudah penuh. Jika daya baterai laptop sudah terisi penuh, usahakan untuk mencabut charger dari laptop anda.  

9. Perhatikan keadaan charger dan adapter. Pastikan anda melakukan charging dengan charger yang sesuai dengan laptop anda, jika laptop anda merk Acer d270, gunakan charger dan adapter yang sesuai dengan type dan merk laptop anda. Pastikan tidak ada kabel yang mengelupas pada charger anda untuk mengurasi resiko korsleting.

10. Ganti baterai laptop.. Jika baterai laptop memang sudah dirasa rusak dan tidak bisa bekerja secara maksimal, lebih baik untuk segera mengganti baterai laptop anda. Kerusakan pada baterai bisa dikenali dengan baterai yang cepat habis walau digunakan sebentar, dan yang paling parah, laptop tidak bisa menyala walau sudah dipasang baterai, baterai laptop sudah tidak bisa menyimpan daya.

11. Tips Tambahan
Untuk tambahan tips menjaga dan merawat baterai laptop, bisa anda tuliskan di kolom komentar. Itu saja sedikit dari saya tentang 10 Tips Merawat dan Menjaga Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama, semoga dapat menambah sedikit informasi untuk anda
Previous
Next Post »
0 Komentar