7 Cara Belajar Komputer dan Jaringan Sambil nge-Blog

January 13, 2017
Untuk postingan kali ini berbeda dengan postingan-postingan yang sebelumnya, kali ini ini saya tidak akan memberikan tutorial jaringan, ataupun tutorial komputer. Untuk postingan ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang pengalaman admin yang belajar komputer dan jaringan sambil blogging. Admin mulai mengenal blog pada kelas 2 SMP, itu sekitar tahun 2011, itupun admin tidak begitu paham dan sempat berhenti karena bosan, dan mulai mengenal teknik komputer dan jaringan saat masuk SMK pada tahun 2013. 
 
Menurut saya belajar komputer dan jaringan itu penting, dan kegiatan blogging itu juga asik. Akhir-akhir ini admin mulai blogging dari hasil belajar saat di jurusan tkj dulu. Mulai dari cara membangun server berbasis linux, perakitan komputer, membangun jaringan lan/wan, dan konfigurasi dasar mikrotik.

7 Cara Belajar Komputer dan Jaringan Sambil nge-Blog


Teknik komputer jaringan adalah jurusan yang saya pilih di smk, saya memilih jurusan ini karena obsesi saya lebih ke bidang komputer dan jaringan, tentunya seseorang akan lebih mudah memahami materi jika itu adalah hobinya. Saat belajar praktek komputer atau membuat jaringan, sempat berfikir, kenapa saya tidak membuat blog tentang komputer dan jaringan ? Dan pada akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog dengan tema tkj dengan tujuan untuk berbagi dengan sesama anak tkj.

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memberikan informasi tentang cara admin mempelajari komputer dan jaringan, dan juga nge-Blog

1. Praktek Sambil Ditulis

Yang biasa admin lakukan adalah praktek sambil menulis hasil praktek yang saya kerjakan. Saat melakukan praktek membuat jaringan atau sebelumnya, admin membuat sebuah tulisan (notes) berupa langkah-langkah yang akan dilakukan saat praktek. Sudah terkumpul sekitar 30 pembahasan yang akhirnya saya kumpulkan dari kegiatan tersebut, dan itu masih berupa garis besarnya saja.

2. Masuk Group Teknik Komputer Jaringan

Masuk group tentang teknik komputer dan jaringan adalah langkah yang saya lakukan untuk belajar jaringan serta menambah inspirasi untuk menulis bahan postingan. Dalam group tersebut pasti terdapat banyak problem tentang komputer, dari hal itu admin mencari cara penyelesainnya dan menuliskannya pada blog ini.

3. Melakukan Praktek Yang Berhubungan Dengan Artikel Sebelumnya

Maksud saya, jika dalam artikel yang sebelumnya saya membahas tutorial konfigurasi mail server di linux debian, pada artikel berikutnya admin akan membuat tutorial tentang konfigurasi web mail server di linux debian. Dua topik tersebut adalah hal yang saling berhubungan, itu akan mepermudah kegiatan praktek saya dan juga menambah bahan untuk artikel saya.

4. Mencari Kesalahaan Saat Praktek

Mencari kesalahan dalam praktek bisa dilakukan dengan belajar bersama  teman anda, contohnya anda belajar bersama dengan teman anda dalam membangun sebuah linux server, saat anda melakukan praktek anda mengalami masalah, teman anda membantu anda menyelesaikannya, dan jika teman anda mengalami masalah saat praktek, anda membantunya juga. Dalam hal tersebut pastinya  juga akan menambah pembahasan yang akan anda tulis dalam blog, Seperti cara mengatasi error dns server bind linux

5. Membaca Buku Teknik Komputer dan Jaringan

Dengan membaca buku yang bertemakan komputer, akan menambah ilmu komputer dan juga manambah inspirasi untuk menulis di blog. Buku komputer dan jaringan bisa anda baca di perpustakaan kota atau sekolah anda.

6. Terima Komentar dari Orang Lain

Jika ada orang lain yang meminta anda untuk membuat tutorial jaringan, kenapa tidak. Itu pun juga akan menambah pengetahuan anda, serta menambah bahan postingan

7. Kembangkan Ilmu Dasar Komputer dan Jaringan

Banya tutorial di google tentang konfigurasi-konfigurasi komputer dan jaringan dasar, mengapa tidak anda kembangkan dan membuatnya menjadi artikel, dalam hal ini pengetahuan anda tentang komputer dan jaringan juga bertambah.


Itu sedikit informasi dari saya tentang 7 Cara Belajar Komputer dan Jaringan Sambil nge-Blog, hal yang disampaikan di atas adalah pengalaman dari admin sendiri, selain itu, selama belajar di jurusan tkj smk juga sangat membantu saya menulis artikel di blog ini. Intinya belajar dan berbagi itu perlu, ilmu yang dipendam tidak akan bertambah.


Previous
Next Post »
0 Komentar