Mengenali Kerusakan Pada Harddisk, Penyebab dan Cara Mengatasi Harddisk Rusak

July 16, 2015

Mengenali Kerusakan Pada Harddisk, Penyebab dan Cara Mengatasi Harddisk Rusak


Zona TKJ- Mungkin sebagian dari reader semua pernah mengalami kejadian kehilangan data secara tiba-tiba pada harddisk, , Itu semua terjadi karena harddisk anda telah rusak.

Kita dapat dengan mudah mengenali kerusakan pada harddisk,
ada dua kepastian kerusakan pada harddisk, yang pertama harddisk rusak non-fisik atau fisik

Harddisk yang rusak non-fisik, kerusakan pada hal ini terjadi tidak dari segi hardwarenya, misal harddisk tidak bisa dipartisi, partisi harddisk unallocated disk space, dalam hal ini harddisk masih bisa diperbaiki dengan software yang bisa anda download

Harddisk yang rusak fisik, dari hal ini kerusakan sudah dari segi hardwarenya, entah dari sectornya atau dari piringan yang ada dilamnya harddisk, perlu diketahui bahwa di dalam harddisk terdapat sebuah piringan kecil yang berputar.

Dari kejadian di atas tentu ada sebab mengapa harddisk anda bisa rusak :

1. Salah Mempartisi Harddisk
Penyebab pertama adalah anda membuat kesalahan dalam mempartisi disk pada harddisk, kerusakan ini bisa mengakibatkan rusak non-fisik, seperti terdapat unallocated disk space, atau sebagian space harddisk tidak terbaca.

2. Terlalu memkasakan kinerja harddisk
Jangan terlalau memkasakan kinerja dari harddisk itu sendiri, seperti halnya terlalu sering memutar video HD, ataupun laptop anda tidak kuat tetap anda paksakan

3. Daya Laptop Habis
Jangan pernah menggunakan laptop apabila keadaan battery laptop mau habis, misal sudah mencapai 15%, segera matikan laptop dan charge sampai penuh sebelum anda gunakan kembali, mengapa ? karena salam keadaan bettery lemah,, kerja dari harddisk akan dipaksakan

4. Korsleting daya dalam motherboard
Perhatikan juga keadaan daya dalam motherboard, apabila dalam keadaan tidak normal, akan berikat juga pada perangkat lainnya, misalnya harddisk,

5. Sering mematikan paksa komputer/laptop
Jangan pernah untuk mematikan komputer atau laptop dengan paksa, dengan menekan tombol power, itu akan berikat harddisk berhanti secara tidak normal.

Itu tadi penyebab harddisk bisa risak,

Sekilas, menurut saya kerusakan paling parah dari harddisk adalah harddisk mengeluarkan bunyi klik secara cepat, harddisk ruak fisik, jarum yang ada di dalam harddisk mengalami kerusakan.

Dalam hal ini  50:50 harddisk bisa diperbaiki, langkah yang baik adalah segeeralah untuk membackup data yang ada pada harddisk untuk mencegah kehilangan data.

Untuk Artikal Cara mengatasi Harddisk Rusak, akan dibahas lain waktu
Previous
Next Post »
0 Komentar